PLOATING TPS PILGUB JATIM 2013 MENGGUNAKAN APLIKASI



#...MENINDAK LANJUTI HASIL BIMTEK TADI SIANG...#


Seperti diketahui bersama, bahwa Formulir Model A-KWK.KPU untuk PILGUB JATIM 2013 sangat jauh berbeda dengan Formulir Model A.0-KPU untuk PILEG 2014. 

Oleh karena itu sudah bisa dipastikan rekan-rekan PPS akan merasa sangat kesulitan dalam proses Ploating tersebut, apalagi data (DP4) yang akan diploating bentuk kolomnya sangat jauh berbeda dengan kolom-kolom yang ada di Formulir A-KWK, misalnya :
  1. Kolom tempat dan tanggal lahir : Di file DP4 dipisah menjadi 2 (dua) kolom, sementara di Formulir A-KWK harus menjadi 1 (satu) kolom.
  2. Umur/Usia Pemilih di file DP4 terlalu tua (per 29 Agustus 2013 lebih satu tahun)
  3. Kolom Jenis Kelamin : Di file DP4 1 (satu) kolom, sementara di Formulir A-KWK harus dipisah menjadi 2 (dua) kolom.
  4. Kolom Alamat tempat tinggal : Di file DP4 dipisah menjadi 3 (tiga) kolom, yaitu ALAMAT, RT dan RW. Sementara di Formulir A-KWK harus menjadi 1 (satu) kolom. Dan lain-lain.
Pertanyaannya: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan Ploting tersebut dan memasukkannya ke Formulir A-KWK jika harus di-entri manual satu persatu, perkolom dan perTPS???

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka saya iseng membuat APLIKASI sederhana dengan tujuan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan PPS dalam melakukan PLOATING TPS.

Berikut ini saya akan jelaskan proses penggunaan APLIKASI yang saya buat dalam pemploatingan TPS, namun sebelumnya silahkan download file-file yang dibutuhkan di bawah ini

Data Pemilih (DP4) yang akan diploting, silahkan Download DISINI.

APLIKASI MODEL A-KWK.KPU (PILGUB 2013), silahkan Download DISINI.

Formulir Model A-KWK.KPU, silahkan Download DISINI.



Jika sudah selesai men-Download semuanya, selanjutnya ikutilah langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1:
File DP4 yang sudah didownload (Judul kolomnya berwarna kuning) di-Ploating menjadi per TPS sesuai dengan jumlah TPS di Desa  Anda. Jika sudah selesai, buka file DP4 hasil ploating tersebut.

Langkah 2 :
Buka file APLIKASI yang sudah didownload tadi.

Langkah 3 :
Buka file model A-KWK.KPU, kemudian gandakan Sheet TPS sesuai jumlah TPS di Desa Anda.

Langkah 4 :
Ikuti PETUNJUK yang ada dalam file APLIKASI. Lakukan satu persatu (per TPS).




SIMULASI :
Copy isi Sheet per TPS dari File DP4 yang sudah di-Ploating , kemudian Paste-kan ke Sheet “TPS X DATA (PASTE DISINI) di file APLIKASI. Masih di file APLIKASI, Copy isi Sheet “TPS X RUMUS (COPY DISINI)”, kemudian Paste-kan ke masing-masing TPS di file Formulir A-KWK.KPU.



HIMBAUAN
Untuk menghindari kesalahan, mohon untuk TIDAK MERUBAH isi file APLIKASI dalam bentuk apapun, baik menambah maupun mengurangi, baik itu kolom, baris, maupun Sheet.  Trima kasih.


Comments

Popular posts from this blog

KPU Batasi Masa Jabatan Anggota PPK dan PPS

PENJELASAN PERSYARATAN BELUM PERNAH MENJABAT 2 DUA KALI SEBAGAI ANGGOTA PPK PPS DAN KPPS