CARA MENGUBAH FILE MICROSOFT OFFICE KE PDF



CARA MENGUBAH FILE MICROSOFT OFFICE KE PDF
 

Pada pemilu tahun ini KPU meminta File Data Pemilih agar dikirim dalam format PDF, baik itu A.0 hingga A.3. Belum lagi Panwas dan PPL yang juga sering minta data dan file dengan bentuk/format yang sama. Sayangnya rekan-rekan PPS banyak yang masih belum paham apa itu PDF dan bagaimana cara membuatnya. Sementara data/file yang dimiliki dalam bentuk Office, baik itu Word (DOCX), Excel (XLSX) dan lain-lain.
Nah... oleh karena itu sekarang saya mau berbagi cara mengubah file Office yang sudah ada dan kita miliki bisa dengan mudah menjadi format PDF.
Sebenarnya Cara Mengubah File Microsoft Office Ke PDF sangatlah mudah. Kita hanya memerlukan aplikasi / Add On SaveAsPDF  untuk mendukungnya. Namun bagi pengguna MICROSOFT OFFICE 2010 dan 2013 tidak perlu menginstall Aplikasi ini, karena di dalamnya sudah disertakan oleh pihak MICROSOFT, namun kebanyakan User(pengguna)-nya tidak menyadari dan tidak mengetahui keberadaan Fasilitas tersebut (Capek dech... J ).
Apaan nih? Aplikasi / Add On SaveAsPDF ini merupakan software pembuat file PDF yg dibuat khusus Microsoft Office 2007 untuk mengejar ketertinggalan dari MSO.2010 dan MSO.2013.  Jadi Aplikasi hanya bisa diinstall bila MS-OFFICE Anda MS-OFFICE 2007, Caranya sangat mudah dan simpel namun hasilnya sangat memuaskan. Menurut saya peribadi, jauh lebih memuaskan daripada Software-Software pembuat PDF lainnya maupun situs-situs pembuat PDF online.
Bagi rekan-rekan yang belum memilikinya silakan download dahulu aplikasinya disini, kemudian install di computer atau laptop yang Anda pakai.

Namun sebelumnya, pastikan dulu di komputer atau laptop Anda sudah ada PDF Reader-nya. Jika belum ada, silahkan download disini.

Persyaratan Sistem Minimal untuk Add On SaveAsPDF :
Sistem Operasi yang Didukung: Windows Server 2003, Windows Vista, Windows XP Service Pack 2.
Software ini kompatibel dengan:
- Microsoft Office Access 2007
- Microsoft Office Excel 2007
- Microsoft Office InfoPath 2007
- Microsoft Office OneNote 2007
- Microsoft Office PowerPoint 2007
- Microsoft Office Publisher 2007
- Microsoft Office Visio 2007
- Microsoft Office Word 2007

Setelah diinstall, bukalah file/dokumen office Anda, lalu klik Office Button di pojok kiri atas, lalu klik tanda segitiga kecil di depan Save As, kemudian klik PDF or XPS.
Selanjutnya cari tempat dimana file PDF Anda mau diletakkan, (Save in:)
Ketikkankan nama file Anda jika mau dirubah, (File name:).
Pastikan Format yang Anda pilih sudah PDF, (Save as type:),
Jika belum, klik tanda panah/segitiga,
Terakhir klik Publish,
SELESAI...

Petunjuk lebih lengkap dan jelas yang disertai gambar tutorial, silahkan download disini

Saya kira cara ini cukup mudah. Silakan mencoba dan semoga bermanfaat bagi kita semua.


Comments

Popular posts from this blog

KPU Batasi Masa Jabatan Anggota PPK dan PPS

PENJELASAN PERSYARATAN BELUM PERNAH MENJABAT 2 DUA KALI SEBAGAI ANGGOTA PPK PPS DAN KPPS