Monday, 24 June 2013

CARA MENGUBAH FILE MICROSOFT OFFICE KE PDF



CARA MENGUBAH FILE MICROSOFT OFFICE KE PDF
 

Pada pemilu tahun ini KPU meminta File Data Pemilih agar dikirim dalam format PDF, baik itu A.0 hingga A.3. Belum lagi Panwas dan PPL yang juga sering minta data dan file dengan bentuk/format yang sama. Sayangnya rekan-rekan PPS banyak yang masih belum paham apa itu PDF dan bagaimana cara membuatnya. Sementara data/file yang dimiliki dalam bentuk Office, baik itu Word (DOCX), Excel (XLSX) dan lain-lain.
Nah... oleh karena itu sekarang saya mau berbagi cara mengubah file Office yang sudah ada dan kita miliki bisa dengan mudah menjadi format PDF.
Sebenarnya Cara Mengubah File Microsoft Office Ke PDF sangatlah mudah. Kita hanya memerlukan aplikasi / Add On SaveAsPDF  untuk mendukungnya. Namun bagi pengguna MICROSOFT OFFICE 2010 dan 2013 tidak perlu menginstall Aplikasi ini, karena di dalamnya sudah disertakan oleh pihak MICROSOFT, namun kebanyakan User(pengguna)-nya tidak menyadari dan tidak mengetahui keberadaan Fasilitas tersebut (Capek dech... J ).
Apaan nih? Aplikasi / Add On SaveAsPDF ini merupakan software pembuat file PDF yg dibuat khusus Microsoft Office 2007 untuk mengejar ketertinggalan dari MSO.2010 dan MSO.2013.  Jadi Aplikasi hanya bisa diinstall bila MS-OFFICE Anda MS-OFFICE 2007, Caranya sangat mudah dan simpel namun hasilnya sangat memuaskan. Menurut saya peribadi, jauh lebih memuaskan daripada Software-Software pembuat PDF lainnya maupun situs-situs pembuat PDF online.
Bagi rekan-rekan yang belum memilikinya silakan download dahulu aplikasinya disini, kemudian install di computer atau laptop yang Anda pakai.

Namun sebelumnya, pastikan dulu di komputer atau laptop Anda sudah ada PDF Reader-nya. Jika belum ada, silahkan download disini.

Persyaratan Sistem Minimal untuk Add On SaveAsPDF :
Sistem Operasi yang Didukung: Windows Server 2003, Windows Vista, Windows XP Service Pack 2.
Software ini kompatibel dengan:
- Microsoft Office Access 2007
- Microsoft Office Excel 2007
- Microsoft Office InfoPath 2007
- Microsoft Office OneNote 2007
- Microsoft Office PowerPoint 2007
- Microsoft Office Publisher 2007
- Microsoft Office Visio 2007
- Microsoft Office Word 2007

Setelah diinstall, bukalah file/dokumen office Anda, lalu klik Office Button di pojok kiri atas, lalu klik tanda segitiga kecil di depan Save As, kemudian klik PDF or XPS.
Selanjutnya cari tempat dimana file PDF Anda mau diletakkan, (Save in:)
Ketikkankan nama file Anda jika mau dirubah, (File name:).
Pastikan Format yang Anda pilih sudah PDF, (Save as type:),
Jika belum, klik tanda panah/segitiga,
Terakhir klik Publish,
SELESAI...

Petunjuk lebih lengkap dan jelas yang disertai gambar tutorial, silahkan download disini

Saya kira cara ini cukup mudah. Silakan mencoba dan semoga bermanfaat bagi kita semua.


DOWNLOAD PDF READER



DOWNLOAD PDF READER
PDF Reader sebuah aplikasi pembaca file atau dokumen berformat/berextensi PDF. PDF itu sendiri adalah singkatan dari Portable Document Format yang dikembangkan oleh Adobe WS. File-file ini memungkinkan, untuk menangkap informasi dari setiap format pengolah kata atau program desktop publishing dan mengirim file ke lain komputer atau printer dengan semua format utuh. Bahkan Jika penerima tidak memiliki program atau pencipta font yang digunakan. Untuk melihat file dalam format PDF, Anda juga Butuh perangkat lunak yang bernama PDF Reader.

Berikut ini saya share 2 jenis PDF Reader yang paling terkenal dan poaling banyak digunakan di seluruh dunia, karena selain fasilitas yang ditawarkan sama-sama MANTAB, kedua Softweare ini sama-sama GRATIS...
Berikut ulasannya...:

1. ADOBE READER
Adobe Reader adalah program utilitas yang berguna untuk membantu pengguna komputer dalam membaca dan mencetak dokumen berformat pdf (PDF Reader). Versi terbaru program ini adalah Adobe Reader XI (11.0.03), yang dirilis pada tahun 2013 ini. Software Adobe Reader dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated.

Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fiturnya, karena dibuat oleh pihak pertama yang mengembangkan standar format file PDF itu sendiri. Secara mudah Anda dapat menyesuaikan cara membaca dan mencetak PDF sesuai kebutuhan. Anda juga dimungkinkan untuk memberikan komentar di dokumen PDF yang sedang dibuka.

Program Adobe Reader banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer personal, bisnis dan pendidikan. Adobe Reader merupakan software gratis. Adobe Reader dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Server 2003/2008, Windows Vista, Windows 7, Windows
8, serta Mac OS. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Intel 1.3 GHz, memori (RAM) 256 MB, resolusi monitor 1024x576 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 260 MB.

Untuk men-download Adobe Reader versi terbaru ini, silahkan klikdisini


2. FOXIT  READER
Foxit Reader adalah alat pembaca, pencari, dan pencetak dokumen PDF multilingual. Perangkat lunak ini memungkinkan penggunanya untuk mendesain form PDF yang interaktif, memasukkan gambar, menambah jaringan, menambahkan keterangan pada PDF, mengirim PDF, dan lain sebagainya.

Foxit Reader adalah perangkat lunak yang gratis. Dan sejak Foxit Reader versi 603.0524 diluncurkan, fitur-fitur profesional telah ditambahkan secara gratis tanpa perlu lisensi tambahan. Dan dilihat dari berbagai macam hal, FOXIT READER yang terbaru ini lebih unggul dan lebih baik dari pada ADOBE REDER di atas. Salah satu unggulannya adalah Software ini juga bisa membuat file PDF dengan sangat mudah dari file OFFICE. Ini juga menjadi salah satu alasan peribadi saya mengapa saya lebih memilih FOXIT READER daripada ADOBE READER.
Berikut ini Screen Shoot-nya: 

Di Microsoft Word 


Di Microsofr Excel

Foxit Reader dibuat dan dikembangkan oleh Foxit Corporation, sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2001 dan berkonsentrasi pada pengembangan platform teknologi pendukung PDF. Perusahaan ini memiliki markas besar di Fremont, Amerika Serikat, dan sudah beroperasi di beberapa negara seperti Cina, Belgia, Jepang, dan Taiwan.

Foxit Reader tersedia di Microsoft Windows ME 32-bit dan 64-bit Vista, Windows Mobile 2003 dan 5.0, dan Windows CE 4.2 dan 5.0. Foxit Reader memungkinkan Windows 98/ME untuk membuka Acrobat versi 7 dan 8, yang merupakan kelebihannya dari Adobe’s Acrobat reader yang tidak bisa melakukannya. Foxit Reader juga mendukung smart drive U3 ketika digunakan di Windows 2000, Windows XP. Windows 7 atau Windows 8. Selain itu, juga ada versi percobaan untuk Linux.

Untuk men-download Foxit Reader versi terbaru ini, silahkan klik disini

DEMIKIAN DARI SAYA... SEMOGA BERMANFAAT BUAT SEMUANYA...

Saturday, 22 June 2013

BERITA ACARA PENGHITUNGAN JUMLAH SISA & KEBUTUHAN KOTAK SUARA


UNTUK DOWNLOAD BERITA ACARA PENGHITUNGAN JUMLAH SISA & KEBUTUHAN KOTAK SUARA SILAHKAN KLIK DISINI

Design by : GMC Gus_Mulya_Creation
Selamat datang di blog PPK GLENMORE, Terima kasih telah berkunjung di blog kami... Semoga Bermanfaat!